Agustus 10, 2008

Isi Surat Terjemahan Surat 40 Senator AS kepada Presiden SBY

Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono
President Republi Indonesia
Istana Merdeka
Jakarta 10110
Indonesia

Dengan Hormat,

Kami anggota Kongres AS yang bertanda tangan dengan hormat meminta perhatian anda atas kasus Filep Karma dan Yusak Pakage yang, pada Mei 2005, ditangkap dan dijatuhi hukuman atas keterlibatan mereka didalam hal yang sah dan damai dari kebebasan berekspresi mereka di Abepura, Papua pada 1 Desember 2004. Amnesty International sudah menyatakan dua orang tawanan yang patut mendapatkan perhatian serius. Kami juga meminta perhatian anda untuk melaporkan dari sumber yang mempunyai reputasi baik bahwa Karma dipukul oleh polisi saat penahanannya. Ada laporan yang dapat diandalkan juga bahwa polisi dalam pemandangan demonstrasi memukul seorang pembela HAM yang mencoba memotret kekerasan polisi terhadap demonstran damai.

Hukuman penjara Karma dan Pakage yang tak adil terjadi dalam konteks penumpasan pada pembela HAM orang Papua, yang sudah termasuk ancaman terhadap kebanyakan rakyat oleh Pejabat Senior Militer dan intimidasi yang ditujukan kepada individu oleh pihak yang tidak diketahui. Kampanye ancaman dan intimidasi ini sudah ditujukan pada orang-orang Papua yang bertemu dengan dan memberikan kesaksian tentang pelanggaran hak asasi kepada seorang wakil hak-hak pengasih senior PBB ketika dia mengunjungi Papua sesuai undangan pemerintah anda pada Juni 2007.

Kami mendesak anda untuk mengambil tindakan untuk menjamin pengeluaran segera dan tanpa syarat Karma dan Pakage. Pejabat keamanan yang mana pun yang menganiaya Karma atau yang sudah mungkin menggunakan kekerasan yang tak pantas terhadap para pendemo damai sebaiknya dituntut. Langkah seperti itu akan menjadi ukuran penting bahwa Indonesia, sebagai salah satu anggota Dewan HAM PBB, mengambil kewajiban internasionalnya untuk sepenuhnya menghormati hak-hak manusiawi yang dikenali secara universal.

Sesuai dengan semua peraturan dan ketetapan-ketetapannya, kami ucapkan terima kasih untuk perhatian anda terhadap persoalan ini.

Hormat kami,
Patrick J. Kennedy

Raul Grijalva
Barbara Lee
Joseph Pitts
Tammy Baldwin
Barney Frank
Mark Kirk
Tim Walz
Mike Honda
Lois Capps
Jan Schakowsky
Jim McGovern
Jesse Jackson Jr.
Ellen Tauscher
Tom Allen
Jim Langevin
Ed Pastor
Sam Farr
Steve Rotham
Jim Oberstar
Thad McCotter Darlene Hooley
Maurice Hinchey
Joe Crowley
Lloyd Doggett
Carolyn Maloney
David Wu
Linda Sanchez
Peter DeFazio
Zoe Lofgren
Albio Sires
Ed Towns
Sheila Jackson-Lee
Danny Davis
Betty Sutton
Eliot Engel
Chakah Fattah
Rush Holt
Lucille Roybal-Allard
Diane Watson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar kawan-kawan sangat diperlukan untuk perubahan organisasi kami...