Februari 03, 2009

Vincentius Mekiuw: "Anak Papua Tidak Ketinggalan Dalam Ilmu Eksakta"

Kepala Pendidikan Dasar Kabupaten Merauke, Vincentius Mekiuw,S.Sos mengatakan, anak Papua memiliki kecerdasan dalam ilmu eksakta hanya saja selama ini terjadi pembedaan dalam pemberian perhatian terhadap mereka. Begitu juga dengan praktek les-les tambahan yang diberikan guru, cenderung lebih mengutamakan anak-anak yang berasal dari keluarga mampu sehingga anak-anak Papua menjadi tertinggal dalam kemampuan ilmu eksakta.

Hal ini disampaikan Vincentius Mekiuw, dalam pembukaan lomba kompetisi matematika putra/putri asli Papua se-kota Merauke tingkat sekolah dasar yang diselenggarakan di aula SMP Yapis Merauke selama 3 hari berturut-turut. Kondisi ini, menurut Vincent, diperparah dengan tenaga pengajar yang tidak bekerja dengan baik untuk mencerdaskan anak Papua khususnya yang bertugas di pedalaman.
Menurutnya, dengan banyaknya kucuran dana dari berbagai sumber seperti dana BOS, sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk membuat kegiatan seperti les-les bagi putra/putri Papua, namun sayangnya tidak banyak pihak yang peduli dengan dunia pendidikan sehingga terjadi proses pembiaraan.
Dirinya berharap, dengan semakin banyaknya kucuran dana ke dalam dunia pendidikan maka semakin banyak pihak yang peduli terhadap perkembangan putra/putri Papua. Begitu pula dengan penyediaan anggaran bagi pendidikan yang diajukan, harus direspon oleh birokrasi. “Kadang-kadang banyak program yang tidak jelas namun mendapat kucuran dana, sementara program yang sangat jelas malah tidak mendapatkan dana," tegasnya.
Kepada guru-guru sekolah dasar terutama kepala sekolah di Kabupaten Merauke, Mekiuw mengharapkan dapat memanfaatkan dana yang tersedia untuk berbagai kegiatan agar dapat mempercepat proses peningkatan kemampuan siswa/siswi Papua. (drie/Merauke)

Sumber : Tabloid Jubi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar kawan-kawan sangat diperlukan untuk perubahan organisasi kami...